Kantor & Pusat Pelatihan

Kompleks Kantor dan Pusat Pelatihan Mitra Aksi di tepi Jalan Raya Jambi-Muara Bulian, Pijuan, sekitar 21 kilometer di luar Kota Jambi. Bangunan  panjang sebelah kiri adalah ruang-ruang kelas dan aula serbaguna. Bangunan di sebelah kanannya adalah gedung bangunan kantor (Sekretariat Yayasan, pusat media, dan ruang komputer). Bangunan paling kanan (hanya tampak separuh bagian beranda depannya) adalah beberapa pondok-pondok (cottages) untuk penginapan (FOTO: GIE IRAWAN).

Berdiri di atas tanah milik sendiri seluas 3,5 Ha, dilengkapi dengan:
* Ruang belajar dan diskusi, kapasitas 25 sampai 50 orang.
* Aula pertemuan, dengan kapasitas 200 sampai 400 orang. Dilengkapi fasilitas AC dan ruang terbuka dengan udara segar.
* Asrama dan Penginapan, dengan kapasitas 150 orang. Setiap kamar dilengkapi AC, televisi, meja kerja, dan kamar mandi di dalam.
* Sound system, proyektor (LCD), komputer desktop dan laptop, printer, serta kamera video (handicam dan professional).
* Ruang-ruang kerja (kantor)
* Musholla.
* Ruang komputer.
* Perpustakaan.
* Mini store.
* Kendaraan lapangan (roda empat dan roda dua).
* Pelataran parkir luas, lapangan rumput, taman, dan kebun-kebun percontohan.

Pusat Media

field-station

ATAS: Pembangunan Laboratorium Lapangan Mitra Aksi untuk penelitian dan penyimpnan agensi hayati (bio-agencies) untuk dimanfaatkan oleh petani lokal, khususnya di lahan gambut, di Geragai, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (FOTO: GIE IRAWAN). BAWAH: Stasiun Lapangan Mitra Aksi di Dusun Danau Pauh, Desa Pulau Tengah, Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin, yang mulai beroperasi efektif sejak November 2016, sebagai pusat kegiatan Program Pertanian Berkelanjutan di Kawasan Penyanggah Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) (FOTO: BETA PETTAWARANIE).

Dilengkapi dengan dengan fasilitas produksi media audio visual.

Lokasi Praktik Lapangan (Field Station)

Dengan jaringan yang luas dan pengalaman pengorganisasian masyarakat di tingkat akar rumput, Mitra Aksi memiliki banyak tempat untuk praktik lapangan bagi para pegiat pengorganisasian masyarakat dan pembangunan.

Bahan-bahan Pembelajaran dan Media Interaktif

Mitra Aksi memiliki bahan-bahan bacaan dan media (buku panduan, petunjuk teknis, hasil-hasil kajian dan riset, pustaka acuan, video dokumenter) untuk pegangan para fasilitator dan pengorganisir masyarakat yang akan bekerja di lapangan, khususnya di daerah perdesaan.

Fasilitator dan Mentor Profesional

Dengan pengalaman lapangan yang cukup lama, didukung oleh contoh-contoh nyata yang telah dikembangkan oleh Mitra Aksi di berbagai wilayah pedesaan, Mitra Aksi memiliki banyak fasilitator dan mentor berpengalaman dalam berbagasi sektor pemberdayaan masyarakat, advokasi kebijakan, dan kajian strategis.*

 

Lahan percontohan (demplot) sebahai lahan belajar Sekolah Lapang (SL) Yayasan Mitra Aksi untuk budidaya tanaman kentang dan sesayuran organik di Desa Pulau Tengah,, Labupaten Merangin.

Lahan percontohan (demplot) sebagai lahan belajar Sekolah Lapang (SL) Yayasan Mitra Aksi untuk budidaya tanaman kentang dan sesayuran organik di Desa Pulau Tengah, Kabupaten Merangin (FOTO: BETA PETTAWARANIE).