September 22, 2014 Pengalaman Tidak ada Komentar

Tujuan dari Program ini adalah meningkatkan kasadaran dan kemampuan masyarakat dalam pemenuhan hak-hak sosial dasarnya, khususnya hak atas pelayanan kesehatan dasar yang berkualitas. Bentuk peningkatan kapasitas dilakukan melalui diskusi tematik, dialog publik, training, studi banding antar komunitas, serta melalui kerja-kerja pemberdayaan dan pengorganisasian masyarakat secara langsung di wilayah-wilayah pedesaan.

Program ini dikembangkan berbagai wilayah di Indonesia, antara lain; di Bengkulu, Lampung, Riau, Aceh, Sumatera Utara, Sulawesi Tenggara, Sumatera Barat,  Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat,  dan Sulawesi Selatan, bekerjasama dengan berbagai organisasi non pemerintah (ornop) di tingkat lokal dan nasional.

Lesson learned dari program ini adalah tumbuhnya proses belajar bersama antar komunitas di berbagai wilayah dalam meningkatkan kesadaran, kepercayaan diri dan sikap kritis masyarakat, khususnya kaum perempuan dalam meningkatkan kualitas hidup dan posisi tawarnya terhadap pihak lain.

Proses pemberdayaan masyarakat, khususnya kaum perempuan, dilakukan dengan menghidupkan kembali insitusi-institusi sosial yang ada di masyarakat, seperti; pengajian, arisan, posyandu, PKK, dan lain sebagainya. Di beberapa wilayah di propinsi Jambi, seperti Kabupaten Merangin, Muaro Jambi, Tanjung Jabung Timur, Kota Jambi dan Batanghari, proses-proses pemberdayaan dan pengorganisasian perempuan ini mampu melahirkan organisasi-organisasi perempuan pedesaan yang cukup kuat dan memiliki posisi tawar yang strategis secara politik, seperti Aliansi Perempuan Merangin (APM), Alinasi Perempuan Muaro Jambi (APMJ), dan Aliansi Perempuan Taman Nasional Berbak (APTNB).

Program ini dilaksanakan mulai tahun 2007 sampai dengan tahun 2012.

Written by Mitra Aksi