September 22, 2014 Program Tidak ada Komentar

Fokus utama Mitra Aksi saat ini adalah pemberdayaan petani, pengembangan pertanian sehat, biaya murah, ramah lingkungan dan rendah karbon, serta berbasis tata ruang mikro dan penataan hak kelola masyarakat.

Program pertanian ini ditujukan untuk memfasilitasi masyarakat (petani) agar bisa merebut kembali kedaulatan atas benih, pupuk, pestisida, air dan tanah melalui perbaikan teknis budidaya dan pengolahan lahan yang sehat, ramah lingkungan, berbiaya murah serta meningkatkan posisi tawar terhadap rantai nilai komoditas pertanian berkelanjutan.

Area kegiatan program ini mecakup:

  1. Pemetaan dan perencanaan lahan berbasis tata ruang mikro.
  2. Pendampingan dan asistensi petani melalui model sekolah lapang petani; perbaikan tanah, teknis budidaya tanaman pangan dan intercroping, teknis pembuatan pupuk dan pestisida organik/alami, teknis pengendalian hama terpadu.
  3. Riset aksi untuk pemurnian tanaman pangan variates lokal.
  4. Riset aksi pengolahan lahan gambut untuk pertanian berkelanjutan dan rendah karbon.
  5. Penguatan organisasi tani agar memiliki posisi tawar terhadap rantai bisnis pertanian pangan secara berkelanjutan, dan
  6. Advokasi kebijakan yang berpihak pada petani ( akses model-pasar-teknologi tepat guna) serta pencegahan terhadap alih fungsi lahan petanian menjadi perkebunan monokultur.

 

 

Written by Mitra Aksi