Melihat, Meneniliti & Membuktikan Melalui Riset Aksi

Melihat, Meneniliti & Membuktikan Melalui Riset Aksi

Melihat, meneliti dan membuktikan sendiri apa dan bagaimana sebenarnya yang sedang terjadi pada lahan-lahan mereka melalui metode riset aksi. Riset Aksi Partisipatoris (RAP) adalah kegiatan riset yang dilaksanakan secara partisipatif di antara masyarakat/warga dalam suatu komunitas atau lingkup sosial yang lebih luas untuk mendorong terjadinya aksi-aksi transformatif (perubahan kondisi hidup yang lebih baik), metode ini dianggap tepat diterapkan kepada petani agar dapat menggugah pikiran, memotivasi nalar  dan mengasah pengetahuan petani. Pendekatan ini juga sebagai sarana kilas balik untuk mengembalikan sikap dan prinsip dasar petani sebagai seorang peneliti kehidupan dilahannya sendiri. Memadukan antara teori, praktek dan pengalaman sehari hari sebagai petani menjadi sebuah kerangka pembelajaran adalah metode yang dikembangkan dalam pelatihan Petani Pakar.

Kegiatan pembelajaran cara stek kopi yang dilakukan oleh petani

Paradigma pendidikan orang dewasa berdasarkan terhadap masalah atau pengalaman hidup menjadi substansi pembahasan. Melalui diskusi, studi kasus, time line, observasi atau pengamatan, transek dan analisis sosial dengan menggunakan situasi ruang kehidupan sebagai objek pembelajaran.

Pelatihan petani pakar ini adalah rangkaian dari Sekolah Lapang yang di selenggarakan oleh Mitra Aksi melalui program Konservasi Bentang Alam Penyangga TNKS Berbasis Tataguna Lahan di Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin, Jambi, yang didukung oleh TFCA Sumatera

Comments are closed.