Mempertahankan Pangan Alternatif

Pandemi Corona yang masih belum pasti kapan akan berakhir, Jika keadaan ini terus berkepanjangan Tentu tidak sedikit akan menimbulkan dampak terhadap krisis cadangan pangan.  untuk mulai mengatasi jika nanti terjadi krisis Pangan, Para petani dampingan Mitra aksi di dua Kabupaten yakni : merangin danTanjung jabung timur di provinsi jambi, khususnya petani yang tergabung di sekolah Lapang Mitra aksi. Dalam beberapa bulan terakhir ini  Terus giat menjaga tanaman lokal meraka.

Di sekolah Lapang Dataran Rendah Dendang, para petani mempertahankan dan menanam seperti ubi keladi/talas, ubi kayu, ubi jalar, jagung , Sedang di sekolah lapang Dataran tinggi Jangkat  mempertahankan dan memperbanyak  tanaman kentang, ubi jalar, ubi kayu dan jagung sebagai pangan Alternatif.

Umumnya di semua Desa dampingan Mitra Aksi selama ini  telah membiasakan masyarakat setempat untuk tetap mempertahankan pangan lokal yang ditanam di sekolah lapang maupun dipekarangan rumah mereka sehingga ketahanan pangan mereka tetap terjaga walaupun nantinya terjadi sesuatu yang tidak terduga ,yang menyebabkan tidak lancarnya pasokan pangan, sekurang-kurangnya masyarakat tidak kebingungan mencari sumber pangan karena di sekitar rumah masing-masing telah tersedia Pangan Alternatif. walupaun saat ini pemerintah menyatakan stok pangan di masa pandemi Covid-19 tetap terjaga.

“Harapannya kita hanya satu, mudah mudahan wabah virus corona cepat hilang dari Tanah Air ini. karena telah mengusik irama kehidupan kita sehari-hari dan kita masyarakat  agar bisa selalu patuh mengikuti imbauan pemerintah agar penyebaran virus tersebut bisa segera diatasi”

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *