Inisiatif Pengurangan dan Penyerapan Emisi

Pernahkah Anda bertanya-tanya tentang kondisi lingkungan hidup kita saat ini? Bencana alam seperti banjir dan kebakaran hutan yang makin marak, kekeringan yang terjadi di banyak daerah di Indonesia, menurunnya hasil panen bahan pangan, atau banyaknya penyakit yang merebak di mana-mana? Mengapa hal seperti ini semakin sering terjadi? Menurut laporan IPCC (2018), perubahan iklim menjadi salah satu penyebabnya! Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengurangi dampak perubahan iklim. Lalu, bagaimana kita bisa berkontribusi?

Inisiatif Pengurangan dan Penyerapan Emisi mendukung individu, kelompok, dan/atau institusi untuk menghitung emisi yang mereka hasilkan, serta berkolaborasi dengan mitra untuk berpartisipasi pada kegiatan yang bisa menyerap emisi gas rumah kaca yang menjadi penyebab krisis iklim. Inisiatif ini bertujuan untuk mengurangi emisi dengan mengubah perilaku dan gaya hidup individu maupun kelompok menggunakan pendekatan berbasis sains dan teknologi.

Pelajari lebih lanjut tentang inisiatif ini

Inisiatif ini telah mengembangkan metode dan kalkulator untuk menghitung dan mengukur emisi karbon yang dihasilkan oleh individu, kelompok, dan institusi. Metode dan kalkulator ini dikembangkan dalam bentuk aplikasi seluler (bit.ly/jadipejuangbumi) dan web (nol-emisi.id). Dengan bentuk aplikasi seluler dan web, kita hanya perlu mengeklik tombol-tombol sederhana untuk mencapai tujuan yang lebih besar, yaitu mengurangi emisi kita saat ini demi masa depan kita dan anak cucu kita! Tidak sulit bukan?

Selain dikurangi, emisi yang kita hasilkan juga bisa diserap. Penyerapan emisi adalah metode untuk menyerap emisi dengan jumlah yang setara dengan emisi yang dihasilkan. Penyerapan ini dapat dilakukan dengan penanaman pohon di berbagai wilayah, seperti wilayah restorasi dan reforestasi.

Profil Restorasi Mitra Penanam

Mitra Aksi  merupakan salah satu mitra resmi Inisiatif Pengurangan dan Penyerapan Emisi yang telah melakukan restorasi hutan sejak 2012. Mitra Aksi telah melakukan restorasi hutan seluas 3.200 Ha di wilayah dataran tinggi penyangga Taman Nasional Kerinci Seblat dan 2.650 Ha di lahan gambut yang terbakar pada tahun 2015. Kegiatan restorasi ini bertujuan untuk memulihkan kawasan ekosistem dataran tinggi penyangga Taman Nasional Kerinci Seblat dan ekosistem gambut. Jenis pohon yang ditanam adalah spesies asli kawasan penyangga Taman Nasional Kerinci Seblat dan spesies asli kawasan bergambut. Penanaman  ini antara lain bertujuan untuk menunjang ekonomi petani lokal yang terlibat secara langsung pada program restorasi ini. Mitra Aksi telah bekerja sama dengan petani di desa yang bersinggungan langsung dengan Taman Nasional Kerinci Seblat  di dataran tinggi dan petani dataran rendah gambut di Jambi.

Kegiatan Penanaman Pohon pada Inisiatif Pengurangan dan Penyerapan Emisi

Melalui Inisiatif Pengurangan dan Penyerapan Emisi, Mitra Aksi akan melakukan restorasi hutan di kawasan penyangga Taman Nasional Kerinci Seblat dengan total target restorasi seluas 5.000 ha sampai dengan Tahun 2030. Jumlah pohon yang ditanam dalam setiap satu ha adalah 500 pohon dengan mengkombinasikan beberapa jenis pohon.

Jenis pohon yang akan ditanam adalah kulit manis, surian, cengkeh, durian, jengkol, bambu dan berbagai jenis kayu-kayuan endemik lainnya yang bertujuan untuk memulihkan ekosistem kawasan dan berkontribusi terhadap penurunan emisi serta diintegrasikan dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat di sekitar hutan dan kawasan. Kegiatan restorasi di wilayah ini akan melibatkan petani lokal dalam melakukan penanaman dan perawatan.

Mitra Aksi bersama petani akan melakukan perawatan, pohon dan memberikan laporan monitoring setiap 6 bulan sekali selama 2 tahun kepada masyarakat yang terlibat dalam inisiatif ini.

Cara Kontribusi Publik

Untuk terlibat dalam Inisiatif Pengurangan dan Penyerapan Emisi, Anda dapat mengunduh aplikasi EMISI atau membuka web nol-emisi.id untuk mengitung jumlah emisi yang dikeluarkan beserta jumlah pohon yang perlu ditanam. Setelah mengetahui jumlah pohon yang akan ditanam, Anda dapat mendonasikan sejumlah dana yang setara dengan jumlah pohon   pada laman kampanye wecare.id yang terdapat pada aplikasi atau web.

Selain bermitra dengan Wecare.id, Inisiatif Pengurangan dan Penyerapan Emisi juga diwujudkan dalam bentuk halaman galang dana pada platform galang dana Kitabisa.com dengan nama Kampanye Patungan Pohon. Kampanye ini memberikan ruang kepada masyarakat untuk berkontribusi secara langsung dalam menyerap emisi melalui penanaman pohon. Kunjungi tautan berikut untuk kontribusi langsung.